Monday, 12 January 2015

Om TL #1Day1Dream

Sumber gambar


Ada yang tahu, Om TL itu siapa? Maksud dari Om TL ini bukan berarti Om Timeline ya. Masa nggak tahu, sih? Kira-kira penulis yang punya inisial TL siapa coba?

Oke, saya kasih tau, ya.

Om TL yang saya maksud adalah... Tere Liye.

Ah, siapa sih, yang nggak tahu Tere Liye?
Bagi yang belum tahu, wajib banget deh cari tahu buku-bukunya. Buku-buku beliau itu menghipnotis, beneran deh. Ketika ceritanya sedih, saya nangis. Ketika ceritanya lucu, saya ketawa. Ketika ceritanya bikin galau, saya jadi galau... segalau-galaunya. Serius.
Saya kagum dengan beliau karena nggak semua penulis ketika menulis 'rasa' dari sebuah cerita bisa membuat pembaca benar-benar merasakan hal yang sama. Tapi, beliau selalu berhasil membuat pembacanya terkesima.


Buku-buku Tere Liye yang sudah diterbitkan:

1. RINDU

2. DIKATAKAN ATAU TIDAK DIKATAKAN, ITU TETAP CINTA

3. BUMI

4. AMELIA 

5. ELIANA

6. PUKAT

7. BURLIAN

8. NEGERI DI UJUNG TANDUK

9. SEPOTONG HATI YANG BARU

10. NEGERI PARA BEDEBAH

11. BERJUTA RASANYA

12. KAU, AKU & SEPUCUK ANGPAU MERAH

13. SUNSET BERSAMA ROSIE

14. KISAH SANG PENANDAI

15. AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG

16. DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN

17. HAFALAN SHALAT DELISA

18. MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH

19. BIDADARI-BIDADARI SURGA

20. REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU


Dari semua buku beliau, ada sembilan buku yang sudah saya baca. Rembulan Tenggelam di Wajahmu, Bidadari-bidadari Surga, Hafalan Shalat Delisa, Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin, Kisah Sang Penandai, Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah, Berjuta Rasanya, Sepotong Hati yang Baru, dan Rindu.

Untuk yang mau kasih saya hadiah buku Tere Liye, maka kasihlah buku yang belum saya baca :p
(pede dikit, kali aja beneran ada yang mau ngasih)

Setahu saya, ada tiga buku yang sudah diangkat ke layar lebar, yaitu Hafalan Shalat Delisa, Bidadari-bidadari Surga, dan Moga Bunda Disayang Allah.


Dari semua buku yang sudah saya baca, rasanya susah sekali menemukan profil beliau. Buku pertama yang saya baca adalah Hafalan Shalat Delisa, ketika saya masih SMP. Dulu, setelah membaca buku tersebut saya tidak menemukan apapun mengenai penulisnya. Hanya ada nama penulis di depan cover bukunya. Dan saya mengiranya Tere Liye adalah seorang perempuan. Tetapi, setelah saya besar (SMA), saya baru tahu kalau Tere Liye adalah seorang laki-laki, hahaha. Begitulah, karena terlalu jarangnya biodata mengenai beliau. Sepertinya om TL ini tidak terlalu ingin mempublikasikan tentang kehidupannya. Tapi, meskipun begitu, penggemarnya tetap banyak. Saya juga salah satu orang yang suka membaca status-status beliau di Pages Facebook.

Beberapa kutipan tulisan om TL:

Bekerja keras dan selalu merasa cukup, mencintai, berbuat baik dan selalu berbagi, senantiasa bersyukur serta berterima kasih, maka kebahagiaan sudah berada di genggaman kita.

Akan selalu ada laki-laki yang baik-baik untuk wanita yang terus berusaha memperbaiki dirinya. Juga, akan selalu ada, wanita yang baik-baik untuk laki-laki yang selalu berusaha memperbaiki dirinya. Jangan ragu mengambil prinsip hidup.

Tidak ada yang kebetulan di muka bumi. Semua adalah skenario Tuhan, pemilik rencana paling sempurna. Dengan meyakini semua adalah skenario dari Tuhan, kita bisa menerima kejadian apapun dengan lapang dada sambil terus memperbaiki diri, agar tibalah skenario yang lebih baik lagi. 
SAJAK MENJAGAMU 
Akan kurawat kau dalam diam
Agar tumbuh besar penuh pemahaman
Akan kurawat kau dalam hening
Agar tumbuh tinggi penuh kesabaran
Akan kurawat kau dalam senyap
Agar tumbuh kokoh penuh keihklasan
Sungguh akan kurawat kau
Agar tidak ada yang menyakitinya
Pun kalau memang harus disakiti
Kau dan aku tahu apa yang terbaik dilakukan
Pun kalaumemang harus gugur daunnya
Kau dan aku tahu besok lusa akan kembali rindang
Akan kurawat kau dengan baik
Duhai ‘perasaanku’
Agar kita bisa melewati semua kisah
Cerita sedih maupun gembira
Karena kau adalah milikku satu-satunya
Dan setiap orang memiliki “perasaannya” masing-masing.
Kan kujaga ‘perasaanku’ sebaik-baiknya. 

Semoga beliau semakin sukses dalam berkarya. Dan semoga saya bisa menulis sehebat beliau. Aamiin ^^

Selamat malam.

#1Day1Dream hari kedua belas...

6 comments:

  1. Saya juga penggemar om Tere.. tulisannya sangat menginspirasi..
    saya sudah baca 11 karyanya..
    yang paling bagus: Daun jatuh... Sunset bersama.. dan Rembulan Tenggelam.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kepingin banget baca Sunset Bersama Rossie, tapi belum kesampean juga :(

      Delete
  2. Nice. Beliau juga salah satu penulis favorit saya. Malah sudah ketemu dua kali :D Dan sempet nanya secara langsung juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senengnya sudah pernah ketemu dan ngobrol langsung :D semoga ada kesempatan juga untuk saya bertemu beliau. Aamiin :)

      Delete
  3. Happy, wahaha masih ngga percaya lihat foto itu, mungkin gw orang yang ke berapa ratus yang menganggap kalau Om satu ini Cewek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu aku masih khilaf juga gitu kok kak, hahaha.

      tapi akhirnya kita bisa sama2 bertaubat dari mengira bahwa beliau adalah perempuan :p

      Delete

Selamat membaca. Semoga berkenan meninggalkan komentar. ^-^