Cuitan · Februari 13, 2016 24

Dari Pantun Jadi Domain

Awal Tahun 2015, saya pernah mengikuti project menulis #1Day1Dream yang diadakan oleh Komunitas Kancut Keblenger, dan salah satu yang pernah saya tulis adalah saya kepingin banget pake domain. Sebenarnya sih mau pake domain atau nggak sama saja, mungkin terlihat lebih gaya saja. Alamat blog juga bisa jadi lebih pendek, dan kemungkinan lebih gampang diingat juga. Begitu sih dari yang pernah saya baca.
Tapi belum kesampean :p
Kemarin, waktu saya buka handphone, saya agak penasaran karena melihat ada banyak (nggak banyak-banyak banget sih) notifikasi dari Twitter. Jarang-jarang langsung banyak mention gitu soalnya. Ternyata ada beberapa mention, retweet, dan like dari @blogfam dan Mbak @lischantik. Waktu saya telusurin sampai mention terbaru yang paling bawah, saya mendapatkan ucapan selamat karena telah mendapatkan domain gratis dari @blogfam. Begini penampakannya:
Sumber gambar: @blogfam
Kok bisa? Nah, itu pertanyaan saya pada awalnya. Kemudian barulah saya teringat dengan pantun yang pernah saya tweet di ulang tahun @blogfam yang ke-12 pada 6 Desember 2015 lalu. Saya ingat karena sebelumnya, @blogfam memberikan like di pantun itu. Iya, waktu itu @blogfam mengadakan lomba pantun dan saya ikutan. Tapi waktu itu saya nggak tahu hadiahnya apa, ikutan saja. Yaa, nggak nyangka sih jadinya menang dan akhirnya dapat domain gratis (setahun). Terimakasih, Blogfam ^-^
Itulah alamat domain yang saya pilih.
Kenapa riangriang? Sebenarnya saya terinspirasi dari dua hal. Yang pertama, gara-gara saya baca Teman Imaji karya Mutia Prawitasari, di sana ada tokoh bernama Kica dan sering dipanggil kica-kica yang artinya kunang-kunang. Kica ini dibuatkan website oleh Banyu dengan nama kicakica.com. Saya suka aja namanya, kicakica. Yang kedua, saya suka nama studio yang sedang dirintis oleh Masgun alias Kurniawan Gunadi (Penulis Hujan Matahari). Nama studionya adalah Langitlangit Creative. Gara-gara kicakica dan langitlangit, akhirnya saya mencari nama unik yang bisa diulang seperti dua nama tadi. Karena nama saya Happy, akhirnya saya kepikiran untuk mencari padanan nama yang punya kesamaan arti. Ketemulah saya nama riang, yang artinya juga senang, bahagia. Maka jadilah riangriang. Sebelumnya, nama ini pernah saya coba gunakan di akun tumblr. Dan kelihatannya sih lucu, unik (Menurut saya. Kalau menurut kamu nggak, ya rapopo :p ). Tapi nggak lama, akun tumblr tersebut akhirnya saya ubah lagi seperti username yang sering saya pakai yaitu heppiemovic.
Waktu saya ditanya Om Bisot (yang mengurusi pembelian domain saya) mengenai nama domain, saya akhirnya terpikir lagi menggunakan nama riangriang. Tapi sebelumnya, saya nanya dulu sama pakar per-blog-an (yang saya ganggu malem-malem cuma buat nanya soal blog, yang namanya juga dirahasiakan :p).
“www.riangriang.com
bagus nggak?”

“Bagus.”

“Oke.”

Iya, gitu aja cukup kok. Yang penting ada yang bilang bagus. XD

Dan lahirlah domain beralamat www.riangriang.com yang dibantu oleh Om Bisot. Terimakasih Om Bisot, Blogfam, Kak Salman, dan semuanya. Terimakasih banyak banyak banyak :)))
Semoga domain ini berumur panjang ya 😀
Selamat ulang tahun lagi, Blogfam. Semoga Blogfam jaya selalu. Merdeka! Yeay. ^-^

Happy Hawra