Monday, 10 October 2016

Memilih Tempat Wisata Menarik bersama Anak-anak

source

Untuk mengisi liburan bersama anak, biasanya kita mencari tempat atau kegiatan yang akan membuat mereka belajar. Pengalaman atau experience melakukan sesuatu di luar rumah akan merangsang perkembangan otak, juga melatih panca indra yang anak-anak miliki. Nah, mumpung masih jauh dari liburan sekolah, yuk, cari tahu tujuan yang pas untuk keluarga! Jangan lupa sambil membuka situs online booking untuk hotel, ya, siapa tahu langsung dapat inspirasi dan berangkat weekend ini! Wah! Silahkan pesan sekarang.

Pertama, bisa diawali dengan mengenali anak atau keponakan maupun sepupu yang akan kita ajak berlibur. Cari tahu apa, sih, kesukaannya? Apakah menyukai satwa? Atau malah tertarik pada tumbuhan berbunga dan berbuah? Kalau sudah, langkah selanjutanya bisa dengan mencari tujuan yang sesuai dengan minat anak tersebut.

Jadi, kira-kira apa saja, sih, tempat atau kegiatan yang bisa kita lakukan bersama anak-anak?

Pergi ke tempat-tempat bersejarah

source
Di zaman sekarang, sudah banyak yang melupakan pentingnya mengetahui sejarah. Padahal, tahu asal-usul dari negara sendiri atau suatu tempat akan membuat seseorang menghargai perjuangan para pahlawan dan nantinya, merekalah yang akan menjaga peninggalan-peninggalan tersebut.

Kita bisa mengajak anak-anak ke museum, misalnya. Museum masih bisa ditemukan di kota besar dan relatif dekat serta mudah dijangkau daripada tempat seperti candi Borobudur yang berada di luar kota.

Di Jakarta, ada Museum Nasional atau sering disebut Museum Gajah yang letaknya di pusat kota. Lalu, berpindah ke Jakarta bagian utara, ada Museum Fatahilah, Museum Bank Indonesia, juga Museum Wayang yang berada di komplek Kota Tua. Kemudian ada juga tempat bersejarah lain seperti Tugu Proklamasi. Anak-anak akan banyak bertanya, barulah tugas kita adalah untuk menjawabnya. Jadi, ingat-ingat lagi yuk, apa yang sudah pernah kita baca dan pelajari! Jangan sampai anak-anak bangsa lupa pada sejarah negaranya sendiri.

Ke kebun binatang

source
Kebun binatang adalah tempat di mana anak-anak dari usia di bawah satu tahun, bisa menikmati dan belajar jenis-jenis binatang. Kita juga bisa sambil mengajarkan bagaimana binatang-binatang tersebut hidup, makan, dan berkembang biak. Dengan begitu, anak-anak akan belajar dengan cara yang menyenangkan. Ajari juga tentang kasih sayang pada binatang, ya!

Agrowisata

source

Agrowisata cocok sekali dilakukan dengan keluarga. Berwisata ke taman buah seperti Mekar Sari yang ada di Cibubur, contohnya, bisa menanamkan pengetahuan pada anak-anak tentang berbagai macam tumbuh-tumbuhan dan jenis buah-buahan. Selain dengan anak atau keponakan, kita juga bisa mengajak keluarga besar untuk merasakan pengalaman memetik langsung buah-buahan dari pohonnya.

Suaka margasatwa

source
Menurunnya populasi binatang tertentu membuat banyak pihak khawatir akan kepunahan beberapa spesies. Sebut saja harimau sumatera atau badak jawa yang hanya tinggal beberapa ekor, dan bahkan hanya ada di Indonesia. Suaka margasatwa menjadi salah satu alternatif wisata yang menyenangkan untuk berlibur bersama anak-anak.

Di Pulau Serangan, Bali terdapat suaka margasatwa yang menarik, yakni konservasi penyu. Selain bisa melihat bagaimana proses penetasan dari mulai telur sampai menetas serta mengetahui jenis-jenis penyu dan kura-kura, di sana  kita juga diizinkan mengadopsi penyu untuk kita lepaskan ke lautan. Wah, bisa dibayangkan bukan, anak-anak atau keponakan kita belajar tentang penyu yang dilanjutkan melepasnya  ke laut?

Apabila ingin berwisata ke Pulau Serangan, namun kota kita berada jauh dari sana, baiknya kita mencari penginapan untuk memudahkan kita. Tentunya, penginapan yang bisa nyaman untuk keluarga. Hotel Ayodya Resort Bali yang terletak di Nusa Dua bisa menjadi pilihan. Selain lokasinya yang strategis, Ayodya Resort juga menawarkan fasilitas lengkap dengan interior dan view yang menawan. Kita bisa menghemat waktu untuk mengejar jam buka konservasi yang dimulai dari pukul 09.00-17.00 WITA, jadi anak-anak memiliki banyak kesempatan untuk belajar  sambil having fun di sana.

Masih banyak tujuan liburan yang cocok untuk anak selain empat hal tadi. Tapi yang terpenting adalah bagaimana kita bisa membuat mereka bersenang-senang, bukan?

5 comments:

Selamat membaca. Semoga berkenan meninggalkan komentar. ^-^