Tekno · Oktober 2, 2022 19

Manfaat dan Biaya Tune Up Mobil, Ketahui di Sini!

biaya tune up mobil
Ilustrasi tune up mobil. (Foto: Freepik/standret)

Selaku pemilik kendaraan kita wajib mengetahui beragam perawatan agar kondisi mobil senantiasa prima. Salah satu jenis perawatan yang wajib dilakukan secara rutin adalah, tune up mobil.

Tune up mobil dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja kendaraan agar performanya bisa kembali seperti semula atau bahkan mengalami peningkatan. Pertanyaannya kini, berapa biaya tune up engine mobil?

Biaya tune up mobil di bengkel umum dan bengkel resmi berbeda-beda. Sebagai gambaran, mulai dari Rp350 ribu-Rp3 jutaan yang mencakup penggantian komponen seperti busi, filter oli, filter udara, kampas rem berdasarkan masa pakai efektifnya.

Selain tune up mobil, jenis perawatan berkala yang bisa dilakukan pemilik kendaraan adalah mengganti warna cat mobil. Perkiraan biaya cat mobil di bengkel resmi dan bengkel umum tentu berbeda dan bisa kita ketahui terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Sebelum mengetahui biaya tune up kendaraan roda empat, ada baiknya pahami lebih dulu manfaat tune up atau penyetelan semua komponen mobil.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi untuk Orang Tua

Manfaat Tune Up Mobil

Manfaat utama tune up kendaraan yaitu untuk memastikan komponen penting dalam kendaraan bekerja maksimal.

Tune up juga berguna untuk menghindari risiko kerusakan fatal yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, tune up sering disebut sebagai servis ringan untuk mesin mobil agar performanya tetap prima dan memiliki usia pakai yang lebih lama.

Biaya Tune Up Mobil

Biasanya, biaya tune up mobil di bengkel umum dan bengkel resmi berbeda. Biaya tune up di bengkel resmi umumnya lebih mahal dibandingkan dengan bengkel umum.

Hal tersebut terkait harga suku cadang yang harus diganti. Bengkel resmi akan menyediakan suku cadang original dari pabrikan, sedangkan bengkel umum akan memberikan Anda opsi suku cadang lain yang harganya lebih terjangkau.

Model kendaraan juga memiliki pengaruh untuk biaya tune up, sehingga harus dilihat secara kasus per kasus.

Baca Juga: Daftar 3 Tempat Gadai BPKB Motor Selain Pegadaian

Biaya Tune Up di Bengkel Resmi

Biaya tune up mobil di bengkel resmi umumnya lebih mahal di bandingkan bengkel umum, yaitu mencapai Rp3 juta atau lebih. Tune up mobil ringan lebih murah, seperti untuk tune up mobil di Auto2000 yang biayanya hanya dimulai dari Rp300.000.

Tentu saja, semua proses pengerjaan dan mekanik tune up di bengkel resmi merupakan orang yang telah berpengalaman dan ahli, sehingga dapat mengetahui seluk beluk mobil tersebut. Inilah yang terkadang membuat pengecekan kendaraan jadi lebih memakan waktu, tetapi dengan hasil lebih baik.

Jika kondisi kendaraan sangat parah, maka bengkel resmi biasanya akan menyarankan untuk diganti sekaligus, dan diberikan estimasi harga. Dengan begitu, Anda dapat memilih untuk diganti atau tidak menggantinya.

Pengerjaan tune up mobil di bengkel resmi juga akan dilakukan secara full tune up. Itulah yang menjadi penyebab biaya pengerjaannya di bengkel resmi lebih mahal.

Baca Juga: 5 Asuransi Mobil Terbaik untuk Perlindungan Kendaraan

Biaya Tune Up di Bengkel Umum

Biaya tune up mobil di bengkel umum lebih murah di bandingkan bengkel resmi. Sebab, bengkel umum memiliki profit yang tidak terlalu tinggi, sehingga kita bisa memangkas biayanya.

Cukup siapkan biaya sekitar Rp350 ribu-Rp500 ribu untuk sekali melakukan tune up ringan di bengkel umum. Hanya saja, biaya tersebut belum termasuk biaya penggantian spare part atau komponen yang dianggap tidak layak pakai sehingga dapat membuat mobil mogok.

Baca Juga: 5 Tips Aman Gadai BPKB Mobil

Biaya Tune Up di Dokter Mobil

Dokter Mobil adalah bengkel spesialis untuk tune up dan AC mobil. Dokter Mobil memiliki banyak cabang yang cukup tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, hingga Kupang, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kita dapat melakukan tune up mobil ringan di Dokter Mobil mulai dari Rp100 ribu, tune up mobil sedang sekitar Rp500 ribu sampai Rp1 jutaan, dan tune up mobil tingkat tinggi sesuai dengan suku cadang yang diganti.

Biaya Tune Up di Auto2000

Sebagai bengkel resmi Toyota, Auto2000 mempunyai paket servis bertema Toyota Flexi Services yang dapat dimanfaatkan dengan memakai promo, sehingga bisa lebih hemat.

Adapun biaya tune up di Auto200 mulai dari Rp336 ribu dengan fasilitas servis lengkap, mulai dari pemeriksaan sensor mesin, busi, komponen bahan bakar, seperti pipa gas buang hingga tutup tangki.

Itulah manfaat dan biaya tune up mobil yang penting diketahui setiap pemilik kendaraan. Jadi, sudahkah kamu melakukan tune up mobil?