Tuesday, 20 March 2018

Ngeblog dengan Nilai Pancasila di Flash Blogging Kominfo




Saat ini, dunia telah dimasuki oleh era digital yang tinggi. Media sosial yang kita ketahui sudah semakin berkembang seiring dengan zaman. Barangkali, hampir semua orang menggunakan media sosial dalam keseharian. Media sosial kini rupanya sudah bertransformasi menjadi sahabat dekat, bahkan bisa jadi lebih dekat dari sahabat yang dimilikitempat di mana kita berbagi apapun.

Berdasarkan riset tahun 2017, pengguna internet di Indonesia diketahui telah mencapai sebanyak 143,26 juta. Apakah dari total tersebut, telah menggunakan media sosial sesuai fungsinya? Barangkali jawabannya tidak. Tidak sedikit ditemukan, bertebarannya ujaran-ujaran kebencian maupun informasi hoax di platform manapun.

Rupanya hal ini menggerakkan hati berbagai pihak, salah satunya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Untuk memanilisir pengguna media sosial yang melakukan hal serupa, pihaknya pun mengundang Blogger Banten dalam acara Flash Blogging dengan tema “Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Bermedia Sosial” untuk berdiskusi bersama.

“Saya harap, Blogger Banten tidak terkontaminasi dengan beriata-berita hoax. Karena hoax itu ibarat narkoba,” ucap Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Provinsi Banten dalam sambutannya.

Kemudian, Mas Banyu Murti, seorang blogger yang fokus di dunia kuliner ini menjadi pembicara pertama dalam acara ini. Beliau berbagi soal tren blog. Seperti yang dikatakan oleh Mas Banyu, bahwa tren warganet selalu berubah, sehingga sebagai blogger kita perlu terus interaktif. Sebagai blogger, desain, konten, dan fitur dalam blog juga kekuatan sakral yang harus dimiliki.

“Yang terpenting dari ngeblog: share, learning, and happy,” tambahnya.

Materi dalam acara ini pun diimbangi dengan implementasi nilai-nilai Pancasila yang diberikan oleh Pak Diasma Sandi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Beliau memberikan materi tentang “Pancasila, Piagam Jakarta, dan UUD 1945.”

Yang menarik dari pemateri satu ini, Pak Dias memiliki jiwa yang menggebu dalam membagikan nilai-nilai Pancasila kepada para blogger.

“Mengurus wilayah itu tidak mudah, Pancasila berperan sebagai tali simpulnya,” kata beliau.

Segini dulu saja, waktunya sangat terbatas. Tapi saya senang sekali bisa hadir di acara ini bersama Blogger Banten lainnya. Terimakasih Kominfo! J





2 comments:

  1. haha. ter-paling-suka-muji. maaci bang rudi. yang pasti aku tetep kalah keren dari kamu sih.

    ReplyDelete

Selamat membaca. Semoga berkenan meninggalkan komentar. ^-^