(Foto: Halodoc)

Pandemi Covid-19 menyadarkan kita bahwa kesehatan adalah hal pertama yang mesti dijaga. Seperti yang disebut dalam pepatah Latin, “men sana in corpore sano”, bahwa di dalam tubuh yang sehat terhadap jiwa yang kuat. Maka, sedemikian rupa kita berupaya menjaga daya tahan tubuh dari beragam penyakit yang ada. Sebab, seperti yang kita ketahui bersama, Covid-19 rentan menyerang mereka yang memiliki daya tahan tubuh tak berdaya. Terlebih, ketika ada penyakit lain yang lebih dulu menyerang kita. Seperti halnya tipes.

Tipes adalah penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri Salmonella thypi. Ketika sudah masuk ke dalam aliran darah, bakteri ini bisa dengan cepat menyebar ke jaringan dan organ tubuh. Sehingga, biasanya, sesuatu yang disebut gejala tipes mulai kita rasakan setelahnya. Mulai dari demam, terganggunya pencernaan, hingga hilangnya nafsu makan. Pada akhirnya, tipes membuat kita menjadi lemas tak karuan. Maka, mereka yang sudah mengalami gejala tipes harus secepat mungkin mendapatkan perawatan dan obat agar tidak menyebabkan komplikasi fatal.

Pendarahan dalam menjadi gejala tipes yang sudah memasuki tahap serius. Ini ditandai dengan kesulitan bernapas, kulit menjadi pucat, lelah, BAB menjadi hitam dan jantung berdetak tidak teratur. Bahkan, dalam kondisi yang sudah mengancam nyawa, penderita sangat membutuhkan transfusi darah. Gangguan pernapasan pun dapat dialami oleh penderita sebagai bentuk komplikasi yang ditandai dengan adanya demam, rasa lelah, keringat, dan sakit kepala yang ditunjukkan dengan adanya pneumonia. Gangguan fungsi jantung juga bisa terjadi jika tidak segera ditangani, karena akan menyebabkan peradangan dinding jantung dan otot jantung.

Baca Juga: Salah Kaprah Rapid Test

Dengan begitu, ada beberapa pantangan yang mesti dihindari jika sudah terserang penyakit ini.

Jajan Sembarangan

Ketika gejala tipes sudah mulai dirasakan, maka hal pertama yang perlu kita lewatkan adalah jajan sembarangan di pinggir jalan. Sebab, mengonsumsi makanan yang tidak diketahui kehigienisannya akan membuat kondisi kesehatan kita semakin buruk.

Mengonsumsi Makanan Mentah

Sangat penting mengetahui apakah sayuran atau buah yang kita konsumsi sudah dimasak dan dicuci terlebih dahulu. Ada baiknya kita memakan sesuatu yang kita olah sendiri. Jangan lupa, hindari memakan daging setengah matang atau mentah, sashimi atau sushi, dan produk susu yang tidak melewati pasteurisasi.

Minum Air Sembarangan

Sama seperi makanan, minuman yang kita konsumsi juga harus terjaga kehigienisannya. Jangan sampai kita sembarangan membeli air di pinggir jalan yang memungkinkan adanya kontaminasi dari bakteri Salmonella thypi. Kita juga harus hati-hati dengan es batu yang kita beli dari luar rumah.

Selain itu, penderita tipes juga tidak boleh mengonsumsi minuman yang berkafein, karena akan menyebabkan diuretik dan meningkatkan dehidrasi. Juga tidak boleh tidak cuci tangan setelah dari toilet umum, karena akan menyebabkan perpindahan bakteri lebih cepat ketika menyentuh benda.

Nah, beberapa pantangan ini harus dijauhi ketika masih berada dalam pengobatan. Untuk obat tipes yang bisa dikonsumsi, salah satunya adalah Pien Tze Huang, yang telah dijual pada situs belanja terpercaya atau SSABADI sebagai store resmi. 

Manfaat Pien Tze Huang dipercaya mampu menyembuhkan tipes, didukung dengan bahan alami di dalamnya. Salah satu bahan alaminya adalah snake gall sebanyak 0,21 gram yang memiliki khasiat untuk meningkatkan fungsi empedu, hati, dan paru serta menurunkan demam.

Pien Tze Huang telah resmi dijual di Indonesia dan memiliki nomor izin edar, sehingga aman untuk dikonsumsi para penderita tipes.